[ UIC 1 ] Belajar Tajwid 9 : Mengenal Lahn

 


Lahn diartikan  sebagai sebuah kesalahan serta penyimpangan dari cara membaca Al-Qur’an yang benar.  Kesalahan dalam membaca Al-Qur’an terbagi menjadi dua yaitu:

1. Kesalahan yang nampak dan jelas

Yakni kesalahan pengucapan yang mempengaruhi ketepatan membaca, terlepas kesalahan mempengaruhi maknanya atau tidak. Kesalahan semacam ini terjadi pada penggantian kata atau huruf- huruf,.

Kesalahan ini juga bisa terjadi pada pengucapan harakat dimana suatu harakat dibaca sebagai harakat lain, misalnya :   Mengubah dhammah menjadi fathah atau kasrah, atau mengubah fathah menjadi kasrah, atau kasrah menjadi fathah.

Mungkin juga kesalahan terjadi pada Sukun yang dibaca sebagai salah satu dari tiga harakat. Kategori ini dinamakan nampak dan jelas karena mudah bagi pembaca dan ahli bahasa untuk mengetahui dan menunjukkan kesalahannya.

2. Kesalahan-kesalahan yang samar dan tersembunyi

Yakni kesalahan pengucapan yang mempengaruhi pembacaann, dapat dikenali oleh yang mampu membaca Al-Qur’an, dan bukan merupakan kesalahan makna, bahasa ataupun tata bahasa. Hanya mereka yang memiliki pengetahuan tentang pembacaan Al-Qur’an yang mengenali kesalahan-kesalahan ini.
 
Kesalahan semacam ini terbagi menjadi dua
Pertama:  Kesalahan-kesalahan  yang hanya   dikenali  oleh  orang yang  berilmu  dalam  pembacaan Al-Qur’an, contohnya seperti meninggalkan  idgham.
Kedua: Kesalahan yang hanya diketahui oleh pembaca Al-Qur’an yang ahli, seperti pengulangan huruf ra’ secara berlebih ketika di beri tasyjid .
 
Yang termasuk dalam kategori ini adalah kesalahan membaca dhammah, di antara dhammah dan fathah, di mana dua bibir tidak melingkar, atau tidak menonjol ke depan sebagaimana yang diperlukan dalam pengucapan dhammah yang benar. 
 

Kita harus berusaha sebisa mungkin menghindari kesalahan dalam kedua kategori ini, dan harus dipastikan tidak melakukannya dengan sengaja.

 

Wallahu’alam bishawab

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *