[ UIC 1 ] Belajar Tajwid 3 : Keistimewaan Membaca dan Mempelajari Al-Qur’an


Membaca dan mempelajari Al Quran memiliki beberapa keutamaan yang bisa membuat kita bersemangat untuk terus  membaca dan mempelajarinya, beberapa keutamaan itu diantaranya :

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

Khairukum man ta’allamal Qur’aana wa ‘allamahu

Artinya: Sebaik-baik kamu ialah orang yang mau mempelajari Al Qur‘an & mau mengajarkannya. (HR. Muslim).


Jadi orang yang mempelajari Al’quran dan berusaha mengajarkannya dengan penuh keikhlasan dan mengharapkan ridho Allah subhanahu wa ta’ala dia akan menjadi muslim yang terbaik atau bahkan menjadi manusia yang terbaik. Hal ini merupakan salah satu dalil yang menyebutkan keistimewaan dari membaca Alquran dan mempelajari Al’quran. 

Keistimewaan lainnya adalah tentang pahala dari membaca Alquran, 

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
 
Man qoro`a harfan min kitābillāhi falahū bihī hasanatun wal hasanatu bi ‘asyri amtsālihā, lā aqūlu alif lam mim harfun, wa lākin ālifun harfun wa lāmun harfun wa mīmun harfun
“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Quran) maka dengan membaca itu ia mendapat satu kebaikan dan satu kebaiakn akan diganjar dengan 10 kali lipat. Aku tidak berkata alif lam mim itu satu huruf tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf”. (H.R. Bukhari dalam Tarikh-nya, Tirmidzi, Ibnu Dlaris, Hakim dan Baihaqiy).
 

 Anda bayangkan Berapa banyak pahala yang bisa kita dapatkan jika kita membaca salah satu surat didalam Alquran atau bahkan hanya sekedar membaca basmalah, dikarenakan setiap huruf yang kita baca akan mendapatkan pahala atau kebaikan. 

Begitu melimpahnya pahala yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada orang-orang yang mau membaca dan mempelajari Al Quran maka dari itu sebaiknya kita harus memiliki semangat dan tentu saja ilmu untuk membaca al-quran tersebut agar kita mendapat kebaikan yang telah kita ketahui tersebut. 

Wallahu’alam bishawab

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *