[ UIC 1 ] Belajar Tajwid 2 : Metode untuk mempelajari Al’quran

Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan ketika ingin mempelajari Al’quran, beberapa diantaranya:
1. Seorang guru membacakan kepada muridnya kemudian murid tersebut mengulanginya, jika guru mendapati adanya kesalahan dari murid tersebut maka Sang Guru segera mengoreksi.
2. Murid membaca Alquran lalu guru mendengarkan dan mengoreksi jika ada kesalahan, metode ini Sang guru tidak harus mencontohkan terlebih dahulu.
3. Murid mendengarkan pembacaan gurunya kemudian murid tersebut mempraktekkannya di rumah tanpa didengarkan terlebih dahulu oleh sang guru tersebut.

Apapun metodenya yang jelas ketika kita telah mempelajari Al’quran sebaiknya kita mencari seseorang untuk mengkoreksi bacaan kita agar kita bisa membaca al-quran mendekati cara membaca yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Sehingga kita bisa lebih memahami Alquran, karena orang yang membaca al-quran dengan baik dan indah akan merasa lebih dekat dan tunduk dengan makna dari ayat yang dibaca tersebut sehingga bisa mudah dipengaruhi oleh makna ayat tersebut.

Selain itu orang yang membaca al-quran dengan baik dan indah akan lebih mencintai dan menikmati saat dia membaca al-quran, sehingga dia tidak pernah merasa bosan dari membacanya. Sebaliknya Ketika seseorang tidak membaca dengan baik dan indah maka orang tersebut akan mudah putus asa / bosan karena dia tidak bisa menikmati bacaannya tersebut.

 

Wallahu’alam bishawab

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *