[ UIC 9.1 ] Sekelumit Tentang Ilmu Tafsir 01

MUQADDIMAH

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ، وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا، وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، أَمَّا بَعْدُ:

Memahami Al-Qur’an dengan benar merupakan sebuah nikmat dan anugerah yang sangat berharga. Dengan itu seseorang dapat menyelami kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya. Di samping ia dapat mengamalkannya dengan benar. Al-Qur’an sebagai wahyu yang diturunkan oleh Allah عزّوجلّ kepada Rasul-Nya, Muhammad صلي الله عليه وسلم, merupakan hidayah yang tiada setitik keraguanpun di dalamnya. Ia adalah kalamullah bukan makhluk, dari-Nya berawal dan kepada-Nya jua kembali Ia adalah tali Allah عزّوجلّ, yang terulur dari langit, dzikrul hakim (peringatan yang bijaksana) dan shiratul mustaqim (jalan yang lurus). Tidak akan sesat orang yang berpegang teguh dengannya. Ia berisi peringatan dari Allah عزّوجلّ, obat dari segala penyakit, hidayah serta rahmat bagi kaum muslimin.

Allah عزّوجلّ berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاء لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

“Wahai umat manusia, telah dalang kepadamu peringatan dari Rabbmu, penyembuh dari segala penyakit yang ada di dadamu, hidayah dan rahmat bagi kaum mukminin” (QS. Yunus [10]: 57).

  والله أعلمُ بالـصـواب

Download Sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *