[ UIC 14 ] – Tazkiyatun Nufus 104

Bab 104 – Makan Dari Apa-apa Yang Ada Di Dekatnya, Menasihati Serta Mengajarkannya Budi Pekerti Pada Seseorang Yang Buruk Ketika Makan

737. Dari Umar bin Abu Salamah radhiallahu ‘anhuma, katanya: “Saya – pada ketika itu – adalah seorang anak yang ada di bawah pengawasan Rasulullah s.a.w. tanganku berputar-putar ke sekitar piring – kalau makan. Lalu Rasulullah s.a.w. bersabda kepadaku: “Hai anak, ucapkanlah Bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (Muttafaq ‘alaih)

738. Dari Salamah bin al-Akwa’ r.a. bahwasanya ada seorang lelaki makan di sisi Rasulullah s.a.w. dengan tangan kirinya, lalu beliau s.a.w. bersabda: “Makanlah dengan tangan kananmu.” Orang itu menjawab: “Saya tidak dapat – makan dengan tangan kanan.” Beliau lalu bersabda: “Engkau tidak dapat?” Tidak ada yang menyebabkan ia berbuat sedemikian itu kecuali karena kesombongannya. Maka ia tidak dapat mengangkatkan tangan kanannya ke mulut – untuk selama-lamanya sejak saat itu. (Riwayat Muslim)

Nota kaki:

 

والله أعلمُ بالـصـواب

Download Sumber

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *