[ UIC 10.4 ] Kitab Subulus Salam Syarh Bulughul Maram 264

07. KITAB JUAL BELI – 07.09. BAB PERSEKUTUAN (SYARIKAH) DAN PERWAKILAN (WAKALAH) 05

0824

وَعَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – أَنَّ «النَّبِيَّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – نَحَرَ ثَلَاثًا وَسِتِّينَ وَأَمَرَ عَلِيًّا – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – أَنْ يَذْبَحَ الْبَاقِيَ» الْحَدِيثَ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

824. Dan dan Jabir Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam menyembelih 63 ekor [hewan] dan menyuruh Ali Radhiyallahu Anhu untuk menyembelih sisanya. (HR. Muslim)

[shahih, Muslim (1218)]

ـــــــــــــــــــــــــــــ

[سبل السلام]

Penjelasan Kalimat

“Dan dari Jabir Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam menyembelih 63 ekor [hewan] dan menyuruh Ali Radhiyallahu Anhu untuk menyembelih sisanya. (Pembahasan ini telah disebutkan sebelumnya dalam bab Haji)

Tafsir Hadits

Hadits ini merupakan dalil yang menunjukkan sahnya mewakilkan orang lain untuk menyembelih hewan kurban, ini adalah ijma’ ulama jika yang menyembelih adalah seorang muslim. Sedangkan menurut Imam Asy-Syafi’i hukumnya sah walaupun penyembelihnya adalah seorang ahli kitab dengan syarat pemilik hewan yang disembelih tersebut telah berniat saat memberikan hewan itu kepadanya atau saat hewan itu disembelih.

0825

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ فِي قِصَّةِ الْعَسِيف، «قَالَ النَّبِيُّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: وَاغْدُ يَا أُنَيْسُ عَلَى امْرَأَةِ هَذَا. فَإِنْ اعْتَرَفَتْ فَارْجُمْهَا» الْحَدِيثَ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

825. Dari Abu Hurairah tentang kisah pelaku (zina), Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Wahai Unais, pergilah untuk menemui perempuan orang ini. Jika ia mengaku, maka rajamlah ia.” (Al-Hadits. Muttafaq Alaih)

[shahih, Al-Bukhari (2315), dan Muslim (1697)]

ـــــــــــــــــــــــــــــ

[سبل السلام]

Tafsir Hadits

“Dari Abu Hurairah tentang kisah pelaku (zina), Nabi Sallallahu Alaih: wa Sallam bersabda, “Wahai Unais, pergilah untuk menemui perempuan orang ini. Jika ia mengaku, maka rajamlah ia. (pengertian hadits ini secara jeJas akan dibahas pada bab hudud -pidana-. Penyebutannya di sini berdasarkan alasan bahwa orang yang diperintah adalah wakil dari imam untuk melaksanakan hukuman had -pidana-)

Imam Al-Bukhari memberikan bab tersendiri dengan judul: ‘bab perwakilan dalam hukum hudud (pidana)’, dengan menyebutkan hadits ini dan lainnya. Penulis berkata dalam kitab Al-Fath, “Seorang imam bila tidak melaksanakan hukuman hudud (pidana) sendiri maka dia harus mewakilkan kepada orang lain, hal tersebut sebagai bentuk perwakilannya kepada orang lain.”

 

والله أعلمُ بالـصـواب

Download Sumber

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *