[ UIC 11.1 ] – Dosa-Dosa Seputar SHALAT 01

PENGANTAR

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ، وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا، وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، أَمَّا بَعْدُ:

Puji dan syukur kita sanjungkan hanya kepada Allah سبحانه و تعالي, berkat karunia-Nya dapat kami ketengahkan eBook ini yang merupakan penjelasan dosa-dosa besar yang berkaitan dengan shalat. eBook ini gabungan dari tulisan Imam Adz-Dzahabi Asy-Syafi’i dalam kitab al-Kabair [dosa-dosa besar] dan kitab Syaikh Muhammad bin Shalih al-Munajjid yang berjudul Dosa-dosa yang Dianggap Biasa.

Adapun yang berasal dari al-Kabair ialah:

Dosa Besar ke-4: Meninggalkan Shalat
Dosa Besar ke-65: Meninggalkan Shalat Jamaah Lalu Mengerjakannya Sendirian Tanpa Udzur
Dosa Besar ke-66: Terus Menerus Meninggalkan Shalat Jum’at Dan Shalat Jamaah Tanpa Halangan
Kami [Ibnu Majjah_pengcompile] membuang semua Hadits, Atsar, Hikayat yang dikatakan oleh pentahqiq akan palsu atau dhaif-nya. Dan Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan mengatakan bahwa kitab al-Kabair dalam 2 naskah tulisan tangan bersih dari hadits-hadits palsu dan adanya penjelasan akan cacat atau lemahnya hadits-hadits dhaif.

Sedangkan yang berasal dari Dosa-dosa yang Dianggap Biasa adalah:

Tidak Tuma’ninah Dalam Shalat
Banyak Melakukan Gerakan Sia-sia Dalam Shalat
Mendahului Imam Secara Sengaja
Ketiganya dalam kitab Dosa-dosa yang Dianggap Biasa berada dalam nomor urut ke 6, 7 dan 8.

Hampir semua dosa yang disebutkan kedua penulis adalah hal-hal yang telah banyak dilakukan oleh kaum ‘muslim’ ditimur dan barat, khususnya dinegeri kita ini. Satu hal, bahwa menurut kebanyakan kita bahwa meninggalkan shalat berjama’ah bukanlah dosa, karenanya kami memposting eBook ini dengan judul “Ternyata Meninggalkan Shalat Berjama’ah Adalah Dosa Besar” sebagaimana dikatakan Imam Adz-Dzahabi yang merupakan imam Ahlu Sunnah yang bermadzhab Syafi’i.

Akhirnya, Kami berharap semoga kaum muslimin kembali berbondong-bondong ke Masjid-masjid mereka setiap shalat fardhu dan InsyaAllah bila itu terwujud maka kejayaan akan menghampiri umat ini. Shalawat dan salam kepada nabi kita Nabi Muhammad صلي الله عليه وسلم, kepada keluarga dan para shahabatnya serta para pengikutnya hingga hari Kiamat.

 

والله أعلمُ بالـصـواب

Download Sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *