[ UIC 4.1 ] Belajar Aqidah 45 – Syarah Ushuluts Tsalasah 45

Penutup Syarah Ushuluts Tsalasah

Dalilnya firman Allah ta’ala:
“Tidak  ada paksaan  untuk (memasuki)  agama ( Islam). Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu, barangsiapa yang ingkar kepada thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang teguh kepada buhul tali  yang amat kuat, yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 256)
Ingkar  kepada  semua  thaghut  dan  iman  kepada  Allah saja,  sebagaimana  dinyatakan  dalam  ayat  tadi,  adalah hakikat syahadat “La Ilaha Illallah”
Dan diriwayatkan dalam hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Pokok agama ini adalah Islam , dan tiangnya adalah shalat, sedang ujung tulang punggungnya adalah jihad fi sabilillah”
Hanya Allahlah yang Maha Tahu. Semoga shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan Allah kepada Nabi Muhammad, kepada keluarga dan para sahabatnya.

Syarah dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

[Tidak ada paksaaan dalam memeluk Islam]
Tidak ada paksaan dalam memeluk agama (Islam), karena telah tampak jelas dan gamblang dalil atau buktinya. Karena itulah, selanjutnya Alloh mengatakan,
“Sesungguhnya telah jelas kebenaran dari kesesatan”
Jika kebenaran itu telah jelas dari kesesatan, maka setiap jiwa yang sehat pasti memilih kebenaran ketimbang kesesatan.
[Barangsiapa yang kufur kepada taghut dan beriman kepada Allah …]
Alloh ‘azza wa jalla sengaja mendahulukan penyebutan kufur kepada thaghut sebelum penyebutan iman kepada Alloh, karena diantara kesempurnaan sesuatu adalah dihilangkanya berbagai penghalang sebelum adanya ketetapan-ketetapan. Oleh karena itu, dalam pepatah dikatakan, “Mengosongkan dahulu sebelum menghiasi”.
[Maka dia benar-benar telah berpegang teguh dengan tali yang kuat]
Yaitu, benar-benar berpegang teguh dengannya secara sempurna. Sedangkan yang dimaksud dengan al-‘urwatul-wutsqa’, ‘tali yang kuat’ adalah Islam. Perhatikanfirman Allah “Faqod istamsaka” (Benar-benar telah berpegang teguh), bukan sekedar mengatakan, “Tamassaka” karena istimsak artinya (berpegangan erat, berpegang teguh) itu lebih kuat daripada tamassuk (memegang). Karena adakalanya seseorang itu memegang namun tidak berpegangan erat.
[Pokok segala urusan adalah Islam]
Penulis rahimahullah mengambil dalil berdasarkan hadits ini dengan maksud segala sesuatu itu mempunyai “kepala”; dan kepala (pokok) segala urusan yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wassalam adalah Islam.
[Tiangnya adalah shalat]
Karena Islam tidak bisa berdiri kecuali dengan sholat. Karena itu, pendapat yang kuat adalah yang menyatakan tentang kufurnya orang yang meninggalkan sholat, dan bahwasanya ia tidak punya kelslaman.
[Puncaknya adalah jihad]
Maksudnya, bagian Islam yang paling tinggi dan paling sempurna adalah jihad fi sabilillah. Karena manusia itu jika telah memperbaiki (mengishlah) dirinya, maka ia akan berusaha mengishlah orang lain dengan jihad fi sabilillah agar Islam itu berdiri tegak dan agar kalimat Alloh saja yang tinggi, maka dia fi sabilillah (berada di jalan Alloh). Jihad itu menjadi ‘puncak punuk’-nya Islam karena dengan jihad itulah Islam menjadi tinggi di atas yang lainnya.
[Penutup]
Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab Rahimahullah menutup kitabnya ini dengan mengembalikan ilmu kepada Alloh ‘azza wa jalla dan dengan memohonkan sholawat dan salam atas Nabi-Nya, Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam. Dengan ini, selesailah sudah kajian tentang Al-Ushulu Ats-Tsalatsah serta hal-hal yang terkait dengannya. 
Kita memohon kepada Alloh Ta’ala agar berkenan memberikan pahala yang terbaik kepada penulis buku ini, dan juga berkenan memeruntukkan kepada kita bagian dari pahala tersebut serta mengumpulkan kita dan beliau di negeri kemurahan-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Dermawan lagi Maha Pemurah.
Segala puji bagi Allah, Robb semesta alam. Semoga Alloh mencurahkan sholawat dan salam atas Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam.

والله أعلمُ بالـصـواب

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *