[ UIC 4.1 ] Belajar Aqidah 38 – Syarah Ushuluts Tsalasah 38

Landasan 3. Mengenal Nabi: Periode Makiyah dan Seruan utamanya

Beliau diutus oleh Allah untuk menyampaikan peringatan untuk  menjauhi  syirik  dan  mengajak  kepada  tauhid. Firman Allah ta’ala:
“Wahai orang yang berkemul (berselimut)! Bangunlah, lalu sampaikanlah peringatan. Dan Tuhanmu
agungkanlah. Dan pakaianmu bersihkanlah. Dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah. Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu bersabarlah.” (QS. Al-Mudatstsir:1- 7).
Pengertian: “Sampaikanlah peringatan”, ialah: menyampaikan peringatan untuk menjauhi syirik dan
mengajak kepada tauhid. “Tuhanmu Agungkanlah”: agungkanlah Ia dengan berserah diri dan beribadah kepada-Nya semata. “Dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah”, artinya: jauhkan serta bebaskan dirimu darinya dan orang-orang yang memujanya.
Beliaupun melaksanakan perintah ini dengan tekun dan gigih selama sepuluh tahun, mengajak kepada tauhid. Setelah sepuluh tahun itu, beliau dimi’rajkan (diangkat naik) ke atas langit dan disyari’atkan kepada beliau shalat lima waktu. Beliau melakukan shalat di Makkah selama tiga tahun. Kemudian, sesudah itu, beliau diperintahkan utuk berhijrah ke Madinah.

Syarah dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

[Tugas Nabi Muhammad ]
Memperingatkan mereka dari perbuatan syirik. Serta menyeru mereka untuk mentauhidkan Alloh dalah rububiyah-Nya, Uluhiyah-Nya, serta asma dan sifat-sifat-Nya.
[Bangunlah]
Panggilan yang ditujukan kepada Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam
[Berilah peringatan]
Alloh ‘azza wa jalla memerintahkan Nabi-Nya agar bangkit dengan kesungguhan dan semangat untuk memperingatkan manusia dari perbuatan syirik serta menyuruh mereka agar waspada dari perbuatan syirik itu. Syaikh Muhammad bin `Abdul Wahhab sendiri telah menafsirkan ayat-ayat ini.
[Seruan 10 tahun pertama]
Maksudnya Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam tinggal selama sepuluh tahun menyeru untuk mentauhidkan Alloh ‘azza wa jalla, memperuntukan ibadah hanya kepadaNya.
[Isra Mi’raj]
Maksudnya adalah diangkatnya atau dinaikkan ke langit. Contoh dari arti kata mi’roj ini adalah firman Alloh Ta’ala
“Para malaikat dan malikat Ruh (jibril) melakukan m i’roj (naik) kedapa-Nya” (Al-Ma’arij: 4)
Mi’roj ini merupakan salah satu kekhususan Nabi yang amat agung, Alloh telah mengutamakan beliau dengan mi’roj sebelum beliau hijrah dari Mekah. Kisahnya, ketika beliau tidur diatas sebuah batu di Ka’bah, datanglah malaikat kepada beliau. Lalu, malaikat itu pun membelah tubuh nabi antara lubang leher hingga bawah perut, kemudian mengeluarkan hati beliau untuk diisi dengan hikmah dan keimanan sebagai persiapan menghadapi apa yang akan diemban oleh beliau selanjutnya.
Malaikat mendatangkan hewan tunggangan berwarna putih, lebih kecil dari baghol namun lebih besar dari keledai, yang dinamakan Buroq. Langkahnya sejauh mata memandang. Beliau menaikinya dengan ditemani oleh Jibril yang terpecaya itu sehingga sampai di Baitul Maqdis. Beliau singgah di sana dan melakukan sholat bersama para nabi, di mana beliau yang bertindak sebagai imam, sementara para nabi dan rosul lainnya sholat di belakang beliau. Ini menjadi bukti akan kemuliaan dan keutamaan beliau, dan bukti bahwa beliau adalah seorang imam (pemimpin) yang diikuti.
Selanjutnya, Jibril memi’rojkan (membawa naik) beliau ke langit dunia, maka dibukakanlah langit dan ditanyakan, “siapa ini?” Jibril menjawab, “ini Jibr il” ditanyakan lagi, “Siapa yang menyertaimu?”. Ia menjawab, “Muhammad”. Ditanyakan lagi “Apakah ia telah diangkat menjadi rosul?” Jibril menjawab, “Ya ”. Lalu dikatakan lagi, “Selamat datang dengannya, mak a ini adalah sebaik-baik kedatangan”. Beliau datang, lalu dibukakanlah pintu langit ini sehingga beliau mendapatkan Adam as. Jibril berkata, “Ini adalah bapakmu, Adam. Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau mengucapkan salam kepada Adam, dan Adam membalasnya seraya mengatakan “Selamat datang, hai anak sholih dan (juga) nabi yang sholih!” Ternyata di
sebelah kanan Nabi Adam terdapat ruh orang-orang yang bahagia, sedangkan di sebelah kirinya terdapat ruh orang-orang yang sengsara dari anak turunan Adam. Jika melihat ke kanan, ia pun gembira dan tertawa. Sebaliknya, jika melihat ke kiri, maka ia pun menangis.
Selanjutnya, Jibril memi’rojkan beliau ke langit kedua. Di situ, beliau menemukan Yahya dan Isa as yang merupakan dua saudara sepupu; masing-masing dari keduanya merupakan putra dari bibi salah satunya. Jibril berkata, ini adalah Yahya dan Isa, maka ucapkanlah salam kepada keduanya, dan keduanya pun membalasnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholi h dan nabi yang sholih!”
Selanjutnya, Jibril memi’rojkan beliau ke langit ketiga. Di situ beliau bertemu Yusuf as. Jibril berkata, “ini adalah Yusuf. Ucapkanlah salam kepadanya!” beliau pun memberikan salam kepadanya, dan ia pun menjawabnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholi h dan nabi yang sholih!”
Kemudian Jibril memi’rojkan beliau ke langit keempat. Di situ beliau dapatkan Idris. Jibril berkata, “ini adalah Idris. Ucapkanlah salam kepadanya!” beliau pun memberikan salam kepadanya, dan ia pun menjawabnya seraya berkata, “Selamat datang saudara yang shol ih dan nabi yang sholih!”
Selanjutnya, Jibril memi’rojkan beliau ke langit kelima.
Di    situ          beliau    mendapatkan   Harun    bin    ‘Imron, saudaranya Musa. Jibril berkata, “Ini adalah Harun. Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau pun salam kepadanya, dan ia pun membalasnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholih dan nabi yang sholih”.
Yang selanjutnya Jibril memi’rojkan ke langit keenam beliau mendapatkan Musa. Jibril berkata, “ini adala h Musa Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau pun mengucapkan salam kepadanya, dan ia pun menjawabnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholi h dan nabi yang sholih!” Ketika beliau telah meninggalkan Musa, maka Musa pun menangis. Ditanyakanlah kepadanya, apa yang menyebabkannya menangis. Ia menjawab, “Aku menangis karena seorang anak manusia diutus sepeninggalku, di mana umatnya yang masuk surga lebih banyak daripada umatku!” Menangisnya Musa adalah karena sedih atas keutamaan-utamaan yang luput dari umatnya, bukan karena keirian (hasad) terhadap umat Muhammad.
Selanjutnya, Jibril membawanya beliau mi’roj ke langit ketujuh. Di situ beliau mendapatkan Ibrohim Kholilulloh. Jibril berkata, “Ini adalah ayahmu, Ibrohim. Ucapka nlah salam kepadanya!” Beliau pun mengucapkan salam kepadanya, dan ia pun membalasnya seraya berkata, “Selamat datang, anak yang sholih dan nabi sholih!” Jibril membawa keliling Rasul ke nabi-nabi tersebut adalah sebagai penghormatan kepada beliau, dan juga untuk menampakkan kemualiaan dan keutamaan beliau.
Ibrohim         Al-Kholil         ketika         itu         menyandarkan punggungnya ke Baitul Ma’mur di langit ketujuh, di mana setiap harinya terdapat tujuh puluh ribu malaikat yang masuk ke Baitul Ma’mur itu untuk melakukan ibadah dan sholat. Setelah itu semua keluar, dan tidak akan kembali pada hair berikutnya. Pada hari selanjutnya sakan ada lagi malaikat-malaikat selain mereka yang memasuki Baitul Ma’mur, di mana hanya Alloh saja yang dapta menghitung jumlah mereka.
Selanjutnya, beliau diangkat ke Sidrotul Muntaha yang dihiasi oleh Alloh dengan keelokan dan keindahan yang tidak akan dapat diilustrasikan oleh seorang pun yang
mengenai keelokannya itu. Kemudian, Alloh memfardukan kepada beliau sholat lima puluh kali dalam sehari semalam, dan beliau pun rela dan menerimanya. Setelah itu beliau turun. Ketika beliau bertemu Musa kembali, Musa bertanya kepadanya, “apa yang telah difardukan oleh Robbmu atas umatmu?” Beliau menjawab, “Lima puluh (kali) sholat setiap hari” Mu sa berkata, “Sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup menunaikannya. 

Aku sudah mencobakannya terhadap manusia sebelum kamu dan melakukan tetapi terhadap Bani Isroil semaksimal mungkin. Karena itu, kembalilah kepada Robbmu dan mintalah keringanan kepada-Nya buat umatmu!” Nabi berkata, “Akhirnya, aku pun kembali menghadap Robbku, sehingga akhirnya Dia membebankan kepadaku hanya sepuluh kali saja “. Dan beliau masih terus kembali meminta keringanan kapada Robbnya sehingga akhirnya, ditetapkan sholat fardhu yang lima itu. Alloh berfirman, “Telah akau berlaku kan kefardhuanKu dan telah aku peringan atas hamba-hamba-Ku”.
Pada malam itu juga, Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam dimasukkan ke dalam surga. Di dalamnya terdapatr kubah mutiara dan tanahnya, adalah misk (kasturi). Kemudian Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam turun (ke bumi), dan tiba di Mekah kembali ketika masih petang remang-remang, dan kemudian menunaikan sholat Subuh.
[Shalat masa makiyah selama 3 tahun]
Beliau ketika itu menunaikan sholat ruba’iyah (berokat empat) dengan hanya dua rokaat saja hingga beliau berhijrah ke Madinah. Setelah hijrah, dua rokaat itu ditetapkan sebagai jumlah rokaat ketika safar, sementara ketika tidak safar rokaatnya ditambahkan (menjadi empat rokaat).
[Hijrah ke Madinah]
Alloh ‘azza wa jalla memerintahkan Nabi-Nya, Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam untuk hijrah ke Madinah, karena orang-orang Mekah menghalangi beliau melakukan dakwah, pada bulan Robi’ul Awwal tahun ke 13 dari kenabian.
Nabi tiba di kota Madinah sebagai seorang muhajir (orang yang hijrah, pendatang) dari Mekah yang merupakan negeri pertama yang turun wahyu (untuk beliau) dan negeri yang dicintai oleh Alloh dan Rosul-Nya. Beliau keluar dari Mekah sebagai muhajir dengan izin Robbnya, setelah sebelumnya tinggal di Mekah selama tiga belas tahun menyampaikan risalah Robbnya dan menyeru kepada-Nya berdasarkan bashirah (Visi, keyakinan, dan ilmu; hujah yang nyata). 

Beliau tidak mendapatkan sesuatu dari kebanyakan kaum Quroisy dan pembesar-pembesar mereka melainkan penolakan terhadap dakwah serta keberpalingan darinya, di samping tindakan mereka yang sangat menyakitkan terhadap Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam dan terhadap siapa saja yang beriman pada beliau. Sampai-sampai mereka melakukan langkah dan tipu daya untuk membunuh Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam. Ini diawali dengan temuan yan diadakan oelh para pembesar mereka yang hendak mereka lakukan terhadap Rosululloh, tatkala mereka melihat para sahabat belikau berhijrah ke Madinah. 

Dan beliau ikut bersama mereka (para sahabat) itu untuk mendapatkan pertolongan dan bantuan dari kaum Anshor yang memang telah membaiat beliau untuk memberikan perlindungan kepada beliau sebagaimana memberikan perlindungan kepada anak-anak dan wanita-wanita mereka. Mulai saat itu pula, beliau mempunyai daulah (pemerintahan) untuk menghadapi kaum Quroisy.

Maka si musuh Abu Jahal mengedepankan gagasan dengan mengatakan, “kita harus mengambil dari setia p kabilah seorang pemuda yang perkasa, kemudian masing-masing kita beri pedang yang tajam agar mereka mencari Muhammad untuk menebasnya dengan pedang itu dan membunuhnya, sehingga Bani ‘Abdi Manaf (keluarga besar Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam) tidak akan bisa memerangi kaum mereka, namun justru akan setuju menerima diyat (denda ganti rugi atas kematian Muhammad) dan kita berikan diyat itu kepadanya.”
Namun Alloh memberitahukan kepada Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wassalam tentang apa yang diinginkan oleh orang-orang musyrik itu dan mengizinkan beliau untuk berhijrah. Abu Bakar sejak sebelumnya bahkan telah bersiap-siap untuk hijrah, namun Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam selalu berkata kepadanya “Perlahanlah!, Aku berharap kiranya aku mendapat izin (dari Alloh).” 

Akhirnya Abu Bakar sengaja tertinggal untuk menemani Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam. Aisyah bercerita “Tatkala kami sedang berada di rumah Abu Bakar di pertengahan siang, tiba-tiba Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam berada di depan pintu dengan mengenakan cadar. Abu Bakar berkata, “Untuk beliau, Ayah dan ibuku adalah sebagai tebusannya. Demi Alloh, tiadalah yang beliau bawa saat ini melainkan ‘perintah’”. 

Nabi pun masuk ke dalam rumah dan berkata kepada Abu Bakar, “Aku akan keluar (hijrah) dari tempatmu ini”, Abu B akar berkata, “Demi ayahku, engkau dan ibuku, mereka (ka um Quroisy) adalah keluarga engkau sendiri”. Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam berkata, “Aku telah diizinkan keluar”. Abu Bakar lantas berkata, “Perlu ditemani, ya Rosululloh?” Beliau menjawab, “Ya!” Abu Bakar berkata, “Ya Rosululloh, ambillah salah satu dari k edua unta tungganganku ini”. Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam berkata, “Ya, tapi saya beli saja!”
Kemudian Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam dan Abu Bakar keluar, lalu tinggal di Gua Jabal Tsur selama tiga malam. Ikut pula menginap di situ mendampingi keduanya, ‘Abdullah bin Abu Bakar. Dia adalah seorang pemuda yang brilian dan penuh perhatian. Pada penghujung malam, ia berangkat kembali ke Mekah sehingga pada pagi harinya ia sudah berada di tengah-tengah kaum Quroisy. 

Tak satu pun berita tentang Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam dan sahabat beliau (yang dibicarakan oleh mereka) yang luput dari rekamannya. Kemudian beritu itu ia bawa kepada keduanya ketika hari telah mulai gelap. Kaum Quroisy mulai mencari-cari Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam dari segala arah dan berupaya keras, segala sarana untuk mendapatkan Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam, sampai-sampai mereka membuat sayembara bagi siapa saja yang bisa membawa keduanya (Nabi dan Abu Bakar), atau membawa salah seorang darinya, akan menerima imbalan seratus ekor unta. 

Akan tetapi, Alloh menyertai dan menjaga keduanya, dengan memberikan perhatian dan penjagaan secara langsung. Sehingga ketika orang-orang Quroisy telah berada di depan pintu gua itu, mereka tidak melihat keduanya. Abu Bakar bercerita : Aku berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam ketika kami di dalam gua itu, “Seandainya salah seorang saja dari mereka memandang kedua telapak kakinya, tentu ia akan melihat kita”. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam pun bersabda :
“Janganlah bersedih! Sesungguhnya Alloh menyertai kita. Apa pikirmu, wahai Abu Bakar, tentang dua orang, di mana yang ketiganya adalah Alloh!”. (HR. Bukhari dalam Kitab Fadhail Shahabah, HR. Muslim dalam Kitab Fadhail Shahabah)
Sehingga ketika pencarian terhada keduanya diistirahatkan sebentar, keduanya pun keluar dari gua itu menuju Madinah melalui jalan tepi, setelah tinggal tiga malam di gua itu.
Ketika orang-orang yang berada di Madinah, baik dari kalangan Muhajirin maupun Anshor, mendengar keluarnya Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam menuju tempat mereka, maka mereka pun setiap pagi keluar menuju tempat berbatu untuk menanti kedatangan Rosululloh bersama seorang sahabatnya sampai mereka diusir oleh terik matahari. Pada hari tibanya Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam sementara hari sudah sangat siang dan panasnya luar biasa, mereka yang menanti-nanti itu telah pulang ke rumah mereka masing-masing. 

Ternyata salah seorang dari bangsa Yahudi naik pada salah satu benteng kota Madinah untuk keperluan, dan akhirnya ia melihat Rosululloh shallallahu ‘alaihi wassalam dan sahabatnya datang yang lenyap (tak terlihat) karena fatamorgana. Orang Yahudi ini tidak kuasa menahan untuk memanggil dengan teriakan suaranya setinggi-tingginya, “Wahai sekalian bangsa Arab! 

Inilah keberuntungan dan kemuliaan kalian (Muhammad) yang kalian tunggu-tunggu!” Maka kaum muslimin pun bergegas untuk menemui (menyambut kedatangan) Rosululloh dengan membawa senjata, sebagai ta’zhim dan penghormatan kepada Rosululloh, serta pernyataan atau tanda kesiapan mereka untuk berjihad dan membela beliau. Akhirnya mereka bertemu dengan beliau di atas tanah berbatu hitam, lalu beliau berhenti dan singgah di Bani ‘Amru bin ‘Auf, di beberapa malam, dan beliau pun berhasil membangun masjid. 

Selanjutnya beliau melanjutkan perjalanan ke Madinah dengan disertai sahabat-sahabat tersebut, dan yang lainnya menemui beliau di jalanan (untuk ikut menyertai beliau). Abu Bakar mengisahkan, “ketika kami tiba d i Madinah, orang-orang tua, anak-anak maupun para pembantu. Mereka mengucapkan, “Allohu Akbar, (Alloh Maha Besar), Rosululloh telah datang! Allohu Akbar, Muhammad telah datang!”


والله أعلمُ بالـصـواب

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *