[ UIC 4.1 ] Belajar Aqidah 12 – Syarah Ushuluts Tsalasah 12

Landasan 1. Jenis-jenis ibadah: ‘Roja’

Dalil roja’ (pengharapan) firman Allah ta’ala:
“Untuk itu, barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shaleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadah kepada Tuhannya.” (QS. Al-Kahfi: 110).

Syarah dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

 [Roja]

Roja adalah harapan manusia kepada suaru perkara yang mudah diperoleh atau perkara yang sukar diperoleh tetapi dianggap mudah.
Roja yang mengandung makna kerendahan dan ketundukan hanya boleh ditujukan kepada Alloh ‘azza wa jalla. Mengarahkannya kepada selain Alloh adalah syirik kecil atau syirik besar, tergantung apa yang terdapat dihati orang yang berharap tersebut. Penulis beralasan dengan firman Alloh Ta’ala:
“… barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia mengerjakan amal shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalan beribadah kepada Robbnya” (Al-Kahfi:110)
Ketahuilah bahwa roja yang terpuji hanyalah dimiliki oleh orang yang mentaati Alloh seraya mengharap pahala ketaatan itu, atau orang yang bertaubat dari maksiat seraya mengharap diterimanya taubat itu.Adapun harapan yang tidak disertai dengan perbuatan, maka termasuk ghurur (tertipu) dan angan-angan yang tercela.





والله أعلمُ بالـصـواب
Source ( Syarah Ushuuts Tsalatsah.pdf )

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *